Minggu, 22 September 2013

Aku dan Dunia Kuis

Jujur pada awalnya aku sama sekali tidak suka sama yang namanya kuis. Dulu aku beranggapan kuis itu repot buat ngikutinnya, terlalu bersifat promosi, dan kemenangan lebih ditentukan oleh keberuntungan. Yah, walaupun setelah aku masuk dunia kuis, ternyata anggapanku itu cukup benar hehehe..,

Anggapan-anggapan awal itulah yang membuatku enggan mengikuti kuis. Aku lebih suka mengikuti lomba menulis karena memang awalnya aku suka dan ingin menjadi penulis. Berbagai lomba tulis kuikuti sejak smp. Mulai dari yang berhadiah uang besar hingga yang dijanjikan untuk diterbitkan dalam sebuah buku. Akan tetapi, hingga kini akan selesai kuliah, sekalipun aku belum pernah memenangi lomba (nasib....). Akan tetapi aku tak pernah patah arang. Terus berusaha dan berusaha.

Akan tetapi, masalah kembali muncul. Di akhir kuliah ini, aku harus mengerjakan skripsi. Tentu saja itu menyita banyak waktu. Padahal untuk memenangi sebuah lomba nulis, apalagi yang bergengsi, butuh waktu panjang untuk merenung mencari ide hingga menjadikannya sebuah tulisan. Akhirnya aku memutuskan untuk fokus pada skripsi dan meninggalkan sementara dunia lomba menulis.

Keputusanku ini tidak berlangsung lama. Aku tidak betah bila harus berhenti dari dunia lomba (jiwa kompetitifnya berkobar nih..). Akhirnya aku mencari alternatif lain, yakni mencari lomba yang tidak terlalu menyita perhatian. Perhatianku tidak langsung tertuju pada kuis secara spesifik. Perhatianku justru tertuju pada Giveaway. Ya, tanpa sengaja aku menemukan sebuah giveaway yang berhadiah imut banget. Tanpa ragu aku mengikutinya. Kebetulan giveaway ini meminta pesertanya untuk menulis juga.

Giveaway memang tidak berhadiah besar, namun hadiah yang ditawarkan justru unik dan lucu. Terutama karena giveaway biasanya bersyarat ringan dan tetap membuatku menulis. Aku pun terbenam dalam dunia giveaway.

Masalah kembali muncul, ketika periode bulan Agustus 2013, giveaway mulai jarang digelar (mungkin pada sibuk lebaran kali ya...). Namun aku pantang menyerah. Kususuri Google sampai pelosok untuk mendapat info giveaway. Hingga di suatu blog bernama anotherakuai.blogspot.com, aku mendapat sebuah pencerahan. Selain mendapat info giveaway dan lomba lain, aku menemukan sebuah alamat twitter. Sang penulis sih bilang kalau akun twitter ini berisi lomba nulis juga. Aku sebenernya sedikit ragu dan pesimis melihat judulnya yang "kuisgratis" ntu. Aku beranggapan ini pasti kuis, bukan lomba nulis.

Akhirnya, pada tanggal 30 Agustus 2013, pertama kali aku berkenalan dengan kuisgratis lewat akun twitternya. Ternyata di dalamnya berisi info yang menarik banget. Setelah menelisik lebih dalam, pandanganku pada kuis mulai berubah. Walau kuis mengandalkan keberuntungan, akan tetapi tetap perlu usaha dan kreatifitas untuk memenanginya. Apalagi banyak kuis mensyaratkan pesertanya untuk menulis. Walau pendek karena terbatas di Twitter, justru itulah tantangannya. Aku harus membuat sesuatu yang kreatif dalam kalimat yang lugas tanpa membuang kata.

Yah, inilah aku yang newbie di dunia kuis. Di malam tanggal 30 itulah, aku resmi mengikuti kuis pertama yang diinfoin ma @kuisgratis. Rasanya asyik juga, ngejar deadline, mikir kalimat yang bagus, mikir temen yang bisa diajak follow, nunggu hasil di Interaction atau DM dengan deg-degan. Aku suka semua itu. Dan aku lebih senang karena mengarunginya bersama @kuisgratis. Inilah akun yang menarikku pertama kali ke dunia yang benar-benar asyik. Infonya selalu update dan miminnya juga ramah. Lebih asyik lagi karena akun ini juga memberikan info tentang giveaway maupun lomba nulis pada umumnya. Terima kasih @kuisgratis.

Met Ultah ya @kuisgratis, ga banyak yang bisa kuberikan. Hanya ucapan terima kasih dan doa, semoga apa yang kamu lakukan membawa kebaikan pada semua.
Oh ya, tolong sabar dan bantuin aku yang newbie ini untuk temukan info-info kuis yang memukau, kreatif, dan tentu saja melibatkan kegemaranku menulis. Semangat...,  

Nb. Inilah hadiah pertamaku setelah mengikuti dunia kuis selama kurang lebih satu bulan. Pulsa 25k dari Indosat.

"@indosat: Selamat @izzoel_mu @RhmtFzi @triaswahyu1 @adrianilhamDJ @ajengkristiadi yg beruntung di kuis #MentariWorldMuslimah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar